Petcah Bareng di Sini

| wide image
Desain by Donny Firmansyah - Canva

Ada hal yang menarik yang saya rasakan ketika melaksanakan kegiatan berbagi di SD Negeri 5 Baharu Selatan. Yaitu "petchah"nya suasana ketika di dalam ruangan saat sosialisasi. Terutama guru yang ibu-ibu, mereka pada heboh. 

Saat pertama kali datang di sekolah tersebut pun, langsung disambut dengan baik dan antusias. Bahkan dalam kegiatan yang berlangsung, mereka begitu semangat, dan tertarik memperhatikan. [Daftar hadir]

Hal lain yang saya tidak saya duga adalah, kepala sekolah disana sangat prepare dalam menyelenggarakan kegiatan pada hari tersebut. Padahal saya sudah bilang dari awal, agar tidak perlu repot-repot, karena saya akan membawa konsumsi buat guru-guru di sana. Tapi ternyata, sekolah malah menyediakan juga konsumsi untuk makan siang. Bahkan saya dibuatkan spanduk khusus. 

| wide image
Sesi ketika saya menyampaikan materi, di samping saya Bp. Donnya Firmansyah, Kepala SD Negeri 5 Baharu Selatan

Tidak sampai di situ, beliau tidak ingin membiarkan momen tersebut hanya kegiatan sederhana. Beliau juga mengundang rekan-rekan guru tetangga dekat dengan sekolah tersebut, yaitu SDN 1 Baharu Selatan.

Jadi saya sangat senang sekaligus bangga rasanya. Ternyata semangat mereka masih mengalahkan saya. Sehingga tubuh saya yang sudah terasa lelah, kembali bersemangat. Itu adalah energi yang luar biasa yang membantu saya kembali menatap ke depan untuk melaksanakan kegiatan level 4.

Kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri 5 Baharu Selatan ini, dilaksanakan mulai dari pukul 10.00 hingga 12.00 wita. Dihadiri juga oleh kepala sekolah SD Negeri 1 Baharu Selatan dan beberapa orang guru. Jadi total yang berhadir sebanyak 20 orang. [Daftar hadir]

| wide image
Foto bersama dengan guru-guru dari SD Negeri 5 Baharu Selatan dan SD Negeri 1 Baharu Selatan dengan gaya Rumah Belajar

Dalam kesempatan tersebut, saya berbagi materi media di Rumah Belajar yang bisa kita manfaatkan dalam pembelajaran. Karena memang selama ini masih banyak yang belum memanfaatkan media TIK dalam pembelajaran. Padahal ini sangat bermanfaat dan banyak tersedia di Rumah Belajar.

Saya jua coba berikan stimulus berupa game Merdeka Sampah buatan Pak Deni. Ternyata benar, mereka sangat antusias. Kelaspun jadi hidup dan sangat interaktif.

| wide image
Sesi berbagi salah satu game di Sumber Belajar yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran

Guru-gurunya saja senang, bagaimana muridnya kan?

Akhir Kata

Rumah Belajar adalah bukan hanya sekedar rumah media. tetapi rumah kita untuk mengembangkan pembelajaran. Dengan hadirnya fitur-fitur yang tersedia, tinggal kita manfaatkan sebaik-baiknya. So, bagaimana dengan sahabat belajar sekalian, game apa yang biasa sahabat gunakan dalam dalam pembelajaran? ayo sharing di kolom komentar.

Write a comment