Seperti di Rumah Sendiri

| wide image
Desain by Canva

Mungkin sahabat belajar pernah mendengar kata-kata bijak berikut.

"Kehangatan dalam keluarga tidak diukur dari ukuran luas rumahnya, tapi luasnya kebahagiaan yang menempati."

Itu yang saya rasakan ketika kembali ke sekolah ini, SD Negeri 3 Kotabaru Hilir. Yang mana sekolah ini adalah sekolah yang penuh kenangan dan bersejarah bagi saya. Karena sekolah inilah saksi perjalanan saya dimulai dari nol, saat pertama kali menjadi tenaga pengajar honorer. Namun harus berpisah ditugaskan ke daerah terpencil karena diangkat CPNS.

Seandainya sobat bisa melihat geografis sekolah ini tentu akan sedikit bingung. Karena luas lahannya sangat sempit, ditambah bentuk ukuran tanah yang beda dengan sekolah pada umumnya, yaitu bentuk segitiga. Ya betul, sahabat tidak salah baca. 

Meski begitu, kondisi ini justru tidak menjadikan penghalang. Buktinya, sekolah ini menjadi sekolah yang selalu pilihan utama siswa baru di daerah Kotabaru hilir. Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah murid yang lebih banyak. Padahal ada 4 sekolah lainnya yang berdekatan.

Selain itu, kekuatan ikatan guru di sini pun sangat kuat. Kebersamaan diutamakan. Rasa kekeluargaan lebih terasa.

Oleh karena itu, saya rasa sangat masuk sekali dengan kata-kata bijak di atas.

| wide image
Sesi ketika saya menyampaikan materi Rumah Belajar dan PMM

Pada Hari ini, Jumat jam 10.00 wita, saya berkunjung ke sana. Sebelumnya saya juga meminta agar tidak perlu repot-repot persiapan. Yang penting semua guru-guru berkenan kumpul sebentar meski di ruang guru, untuk mendengarkan saya berbagi info mengenai rumah belajar dan PMM.

Meski begitu, guru-guru di sana ternyata menolak. Menolak untuk di ruangan guru kelas. Mereka maunya pindah ke ruangan kelas, agar lebih enak mendengarkan sosialisasi saya.

Akhirnya, kegiatan sosialisasi hari itu jadi terasa lebih formal. Saya jadi terharu dengan semangat guru-guru di sana.

Dalam kesempatan itu, saya berbagi mengenai Rumah Belajar. Di mana saya membagikan game salah game Merdeka Sampah, untuk pengantar masuk ke Rumah Belajar. Game ini adalah salah satu produk guru yang tersedia di menu Sumber Belajar.

| wide image
Sesi ketika saya menampilkan salah satu game di Sumber Belajar

Selain itu juga saya membagikan info mengenai PMM. Ternyata guru-guru di sini sudah menginstal semua. Bahkan sudah menjawab beberapa pertanyaan di aplikasi tesebut.

| wide image
Guru-guru SD Negeri 3 Kotabaru hilir

Akhir kata

Demikian cerita saya pada hari ini ketika berkunjung ke SD Negeri 3 Kotabaru Hilir. Saya hanya bisa mendoakan semoga sekolah saya ini semakin maju dan jaya. Amin ya Robbal alami.

Write a comment