Sudah kenal PembaTIK?

| wide image
Sumber gambar: freepik.com

Jika sahabat belajar baru pernah mendengar kata PembaTIK, jangan kira itu nama orang ya. Kata tersebut juga tidak ada hubungannya dengan kain tradisional khas Jawa, yang dikenal dengan nama batik.

PembaTIK adalah kependekan dari Pembelajaran Berbasis TIK. Sahabat bisa aksesnya melalui link berikut ini https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/.

Program yang diadakan oleh Pusdatin ini adalah bertujuan untuk peningkatan kompetensi TIK guru, yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi guru UNESCO. Standar kompetensi TIK itu sendiri terdiri 4 level, dimulai dari:

  • Level 1 - literasi
  • Level 2 - implementasi
  • Level 3 - kreasi
  • Level 4 - kolaborasi

Benefit apa yang akan kita dapat dengan mengikuti kegiatan ini?

Saya sudah mengikuti PembaTIK ini sejak 2018 hingga sekarang. Meski baru tahun 2022 ini saya mencapai level 4. Namun dari kegiatan PembaTIK, saya sangat banyak dapat ilmu bermanfaat di setiap levelnya.

Selain itu, cara belajarnya pun mandiri, dan lebih fleksibel, karena kita mengakes materi/ modul melalui LMS kapan pun kita mau dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Tergantung gelombang kegiatan yang kita pilih.

Di setiap level pun ada sesi berbagi oleh DRB dan pusdatin, sehingga kita tidak akan kesulitan dalam memahami materi. Dari kegiatan tersebut saya banyak mendapatkan ilmu-ilmu baru.

Jujur saja, dahulu sekali saya kurang mendalami ilmu editing vidio, green screen, membuat aplikasi interaktif. Namun setelah mengikuti kegiatan ini, akhirnya pengetahuan dan penguasaan saya di bidang TIK semakin meningkat.

Selain itu, sebelumnya saya jarang implementasi TIK di pembelajaran. Nah melalui pembaTIK, wawasan dan mindset saya semakin terbuka dan akhirnya makin banyak mengimplementasikan TIK dalam pembelajaran di kelas. 

Dan di level 4 ini, pengalaman saya berbagi semakin terasah. Public speaking, penguasaan audience, menghidupkan kelas semakin tajam.

Terakhir, yang tidak kalah pentingnya, setiap level kita akan mendapat sertifikat. Bagi guru-guru PNS yang ingin mengusul pangkat, sebenarnya tidak ada lagi alasan tidak ada wadah untuk mendapatkan benefit tersebut.

Penutup

Demikian informasi mengenai PembaTIK. Semoga setelah sahabat membaca tulisan ini, tahun depan juga ikut PembaTIK. Oh ya, siapa di sini yang sudah ikutan PembaTIK sebelumnya? Silahkan komen di kolom komentar ya.

Write a comment