Membersamai Bunda PAUD

| wide image
Desain by Canva

Hari ini adalah kegiatan perdana saya mensosialisasikan Rumah Belajar dan PMM dalam rangka tugas PembaTIK Level 4. Saya membersamai teman-teman dari PAUD yang diadakan oleh IGTKI kab. Kotabaru dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Kotabaru Bidang PAUD PNF.

Kegiatan ini asal mulanya diinisiasi sekalian untuk mendorong aktivasi akun belajar.id. Namun karena relate dengan PMM dan Rumah Belajar, maka saya sekalian sharing di sini.

Waktu pelaksanaan dimulai dari jam 09.00 hingga selesai. Dilaksanakan secara daring, karena mengundang banyak guru dari semua pelosok. Mengingat kondisi geografis daerah kami yang letak sekolahnya banyak yang jauh, dan akses jalan sebagian besar sulit di tempuh. Sehingga mode daring adalah alternatif cara yang lebih efektif.

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh:

  1. Plt. Kasi Kurikulum dan Peserta Didik PAUDNF, Bu Yuliani, S.Pd.
  2. Pemateri, Bp. Quadri Hassul, S.Pd.
  3. Pemateri, Taufik Junaidie, S.Pd. (saya sendiri)
  4. Guru-guru TK 30 sekolah (undanganterlampir)

Untuk presensi kegiatan saya menggunakan GoogleForm. Berikut jumlahpeserta keseluruhan yang mengisi presensi.

| wide image
Sesi ketika saya menyampaikan sosialisasi mengenai Rumah Belajar melalui Google Meet

Rangkaian kegiatan pada hari ini dimulai dari pembukaan oleh Bu Yuliani, S.Pd., dengan menyampaikan pengantar kegiatan. 

Setelah itu dilanjutkan oleh saya sendiri, memberikan sosialisasi mengenai portal rumah belajar, yang diakses di https://belajar.kemdikbud.go.id/. Saya bagikan juga contoh media pembelajaran yang saya tersedia di menu Sumber Belajar.

| wide image
Salah satu game yang saya gunakan untuk ice breaking, diambil dari Menu Utama Sumber Belajar di Rumah Belajar

Dalam kegiatan ini, peserta sangat antusias. Mereka sangat tertarik dengan salah satu aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam pembelajaran ini. Hal tersebut terlihat dari komentar dari kolom chat, dan peserta yang antusias menghidupkan mikropon saat game ini saya jalankan.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi aktivasi akun belajar.id oleh Bp. Quadri Hassul. Beliau adalah Co Capten Belajar.id Kab. Kotabaru. 

| wide image
Sesi presentasi oleh teman kolaborasi saya Bp, Quadri Hassul, S.Pd., co capten belajar.id Kab. Kotabaru

Penutup

Demikian informasi kegiatan sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar dan PMM dalam Pembelajaran. Semoga kegiatan ini semakin meningkatkan wawasan bagi pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di Kabupaten Kotabaru.

Write a comment